Krisis Tepung Terigu

ini sekedar terjemahan yang diminta bos saya untuk segera diselesaikan dalam waktu sesingkat-singkatnya….. jadilah begini hasilnya….

Headline koran harian Al-Yaum, 17/9/2011

Headline koran harian Al-Yaum, 17/9/2011

 KRISIS TEPUNG TERIGU DI WILAYAH TIMUR,

DAN SHOWAMI’ MEMBENARKANNYA DENGAN MINIM PEMBERITAHUAN

 

DISTRIBUTOR: PEREMEHAN “PENJUALAN” DI BALIK HILANGYA DOKUMEN…. DAN MUSIM DINGIN YANG ESKTRIM SEGERA TIBA

Krisis terigu mulai dirasakan di Wilayah Timur dari Hafr Bathin. Ini merupakan dampak dari pengurangan kuantitas untuk beberapa pihak yang mempunyai kewenangan menerima dan mendistibusikan tepung terigu oleh cabang perusahaan Al-Shawami’ di Wilayah Timur mulai minggu lalu. Hal ini juga karena dampak dari tidak stabilnya produksi tepung semenjak akhir bulan Ramadhan Mubarak yang lalu.

Para Distributor telah sepakat sebagaimana yang disampaikan kepada “Al-Yaum”, bahwa mereka mendistibusikan tepung kepada para pelanggannya di dalam kota Khobar secara kontinyu. Akan tetapi apa yang terjadi di akhi-akhir ini, pihak Al-Showami’ melakukan pengurangan kuantitas untuk para distributor dengan alasan kurangnya pemberitahuan (tentang permintaan –pent). Hal ini juga berdasar bahwa perusahaan Shawami’ banyak mengalami perubahan aturan yang akan berlaku secara baku. Oleh karenanya, dibutuhkan ketetapan, penjelasan, keterlambatan dalam penjualan, serta pengurangan hasil produksi secara menyeluruh yang mana akan berpengaruh kepada berhentinya produksi banyak pabrik roti.

Dan mereka memastikan (para distributor –pent) permasalahan ini dimulai saat berkurangnya pasokan tepung di akhir bulan Ramadhan tanpa sebab dan alasan yang memuaskan dari pihak Al-Showami’ di Wilayah Timur. Padahal pabrik-pabrik roti telah memenuhi permintaan (aturan –pent)kuantitas untuk konsumi , dari perizinan hingga dokumen-dokumen lainnya. Dan ini telah mencukupi bagi perusahaan (Al-Shawami’ –pent) sebagai pemberitahuan. Dan setelah terjadi pengurangan tepung, maka para distributor kembali menghadap ke Al-Showami’ untuk mencari tahu sebabnya, akan tetapi mereka tiba-tiba diminta kembali maklumat (tentang kewenagan konsumsi, surat2 dokumen, dst –pent) yang telah disampaikan sebelumnya. Para distributor menduga penanggung jawab Al-Showami’ menyepelekan dan menghilangkan apa yang telah diajukan para distributor sebelumnya, berupa dokumen penting untuk kantor penjualan.

Mereka (para distributor –pent) menduga berkurangnya tepung dalam batas terendah karena bahan baku mereka (bahan mentah tepung Al-Showami’ –pent) yang tidak dapat memenuhi permintaan sesuai dengan janji untuk pabrik-pabrik roti dan rumah makan yang telah mengadakan kerja sama (dengan Al-Showami’ –pent). Keadaan ini berdampak terhadap berhentinya operasional pabrik roti dan rumah makan mulai hari Sabtu ini, dan ini karena tidak ada jaminan ketersediaan bahan tepung dari Al-Showami’. Padahal satu distributor mendistribusikan ke sekitar 90 toko roti, hal ini akan memungkinkan krisis yang sangat buruk di pasar sekaligus bertepatan dengan semakin mendekatnya musim dingin yang ekstrim. Dan mereka menjelaskan bahwa produsen Al-Showami’ melakukan pengurangan tepung pada akhir-akhir ini sebagaimana yang mereka lakukan di banyak wilayah kritis di lokasi-lokasi penjualan, di Hafr Bathin, serta Al-Quraya dan Al-Hajr (akan) mengikuti setelahnya yang mana pendistribusiannya secara harian. Dan saat mulai pengurangan produksi, Al-Showami’ memaksakan untuk mengurangi stok di lokasi-lokasi penjualan hingga kedatangan roti yang sangat kurang bagi konsumen  di tengah-tengah kekhawatiran berhentinya produksi di hari-hari yang akan datang. (Perekonomian, Koran Al-Yaum, 19 Syawwal 1432/17 September 2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s